Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula Cepat dan Mudah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Setiap orang memiliki rasa penasaran akan sesuatu hal yang unik atau baru. Hal itu tentu bagus mengingat kita memang harus menguasai sesuatu hal yang unik tersebut. Ada orang yang penasaran dengan bagaimana cara merakit laptop, maka dia akan terus mencoba mencari tau tentang cara perakitan sebuah laptop. Ada orang yang penasaran dengan bagaimana cara menyelesaikan soal matematika, maka dia akan terus mencari tau tentang rumus-rumus agar kelak dia dapat menyelesaikan soal matematika tersebut. Lalu, ada orang yang penasaran dengan bagaimana cara belajar Bahasa Mandarin untuk pemula, kemudian dia mencari tau akan bagaimana cara mempelajari bahasa mandarin untuk pemula tersebut.

belajar bahasa mandarin untuk pemula

Semua ada caranya jika kita benar-benar mau untuk mencari tahu.

Nah, untuk yang penasaran tentang bagaimana cara belajar bahasa mandarin untuk pemula, maka kalian sekarang berada di tempat yang tempat karena kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara belajar bahasa mandarin untuk pemula.

Terus bagaimana dengan orang yang penasaran tentang cara merakit laptop dan cara menyelesaikan soal matematika?

Belajar Bahasa Mandarin dulu deh sini.

Yap, untuk yang penasaran mengenai cara belajar bahasa mandarin yang baik dan cepat untuk pemula, sebenarnya caranya cukup mendasar. Walaupun mendasar, tapi bukan berarti bisa disepelekan. Kita harus mempelajarinya dengan tekun dan semangat, tanpa ada sedikit keraguan.

Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Baiklah, untuk yang sudah menunggu dan penasaran akan bagaimana cara belajar bahasa Mandarin untuk pemula, berikut adalah cara mudahnya yang bisa kalian lakukan dari sekarang. Yuk silahkan dibaca :

1. Kuasai PinYin

Cara paling dasar yang dapat dilakukan untuk belajar bahasa mandarin untuk pemula yang pertama adalah dengan mempelajari apa yang disebut dengan PinYin. Sekedar informasi, Pin Yin itu merupakan penulisan romawi dalam bahasa mandarin yang mana digunakan untuk bunyi-bunyi dari setiap huruf mandarin itu sendiri.

Selain itu, Pin Yin pun merupakan salah satu bentuk penyederhanaan, karena jika kita belajar bahasa Mandarin untuk pemula di tempat seperti Taiwan, kita tidak akan mendapatkan pelajaran tentang Pin Yin, melainkan yang akan kita dapatkan hanyalah bentuk-bentuk dari huruf lain yang dapat digunakan untuk melafalkan sebuah huruf dalam kata mandarin.

Nah kemudian, apabila kamu adalah pemula yang ingin sukses dalam mempelajari bahasa mandarin, maka pastikan bahwa kamu bisa melafalkan banyak huruf-huruf yang terdapat dalam Pin Yin itu dengan baik. Hal tersebut penting karena ada banyaknya bunyi-bunyi dalam bahasa mandarin yang tidak bisa diterjemahkan atau justru tidak ada di dalam bahasa Indonesia.

Hal itulah yang membuat kenapa kita sangat penting untuk dapat melafalkan bunyi-bunyi dalam bahasa mandarin dengan baik, alasannya ya karena sebenarnya sangat sederhana untuk dapat mempelajari bahasa mandarin, karena ini merupakan sebuah dasar dari pembelajaran karena setelah melafalkan bunyi-bunyi dengan baik, maka selanjutnya kita akan mempelajari bahasa Mandarin dengan proses yang jauh lebih cepat dan mudah.

Menarik bukan?

Jadi kunci utama untuk belajar bahasa mandarin untuk pemula adalah dengan menguasai Pin Yin terlebih dahulu ya.

2. Pelajari Nada-Nada dalam bahasa Mandarin

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahasa mandarin merupakan salah satu bahasa yang bernada. Artinya, apa yang diucapkan dalam bahasa mandarin, apabila pelafalan nadanya itu salah, maka arti yang akan diterima oleh pendengarannya pun salah juga. Penjelasan sederhananya begini : bahasa mandarin itu arti dengan nada yang diucapkan berbeda. Kata yang dimiliki dalam penulisan dan pengucapan yang sama bisa memiliki arti yang berbeda.

Ya, dari sini, kita pun memiliki kesimpulan bahwa mempelajari perbedaan dari nada ini apabila kita ingin berbicara bahasa Manadrin dengan benar, maka kita harus menguasai nada-nada yang ada dalam bahasa Mandarin.

Bahasa Mandarin itu sendiri memiliki empat nada yang berbeda. Apabila kita memiliki anggapan bahwa mempelajari nada-nada dalam bahasa mandarin itu sangat sulit dan susah untuk dibdakan dari keempat nada yang dimiliki oleh bahasa mandarin, mungkin itu adalah anggapan yang benar, apalagi dalam tahap ini yang mempelajari bahasa mandarin adalah pemula.

Namun, bukan tidak mungkin bahwa pemula bisa mempelajari bahasa dengan baik. Semua hanya butuh jam terbang untuk mempelajarinya. Jadi, kami akan menjabarkan tentang empat nada yang dimiliki oleh bahasa mandarin itu sendiri :

  1. Nada Satu

Ini adalah nada pertama yang dimiliki oleh bahasa mandarin atau bisa dibilang sebagai nada tinggi atau datar. Dalam nada satu ini, suara kamu bisa tetap datar tanpa ada peningkatan ataupun penurunan dalam alur pengucapan tiap kata dalam bahasa mandarin. Sebagai contoh mudahnya adalah kata ‘ma’, ya, dalam nada satu ditunjukkan simbol diatas huruf a sehingga menjadi : ‘mā’

Mungkin apabila dibaca hanya dari tulisannya saja, mungkin ini terkesan susah untuk dilakukan atau dipahami. Namun, apabila kelak kamu mendapati sendiri tentang orang yang bicara bahasa mandarin atau orang yang menuliskan kalimat dengan tulisan mandarin, maka kamu akan mengetahui akan perbedaannya. Sekali lagi, semua hanya butuh jam terbang saja.

  1. Nada Dua

Nada dua dalam bahasa mandarin ini sering disebut juga dengan nada yang meningkat. Ya, suara kamu ketika melafalkan nada dua ini akan naik dari nada bawah ke tengah, seperti ketika dalam bahasa Indonesia kamu mengucapkan kata ‘hah?’ atau ‘apa?’.

Untuk masalah simbol, dalam nada dua ini dituliskan dengan simbol : ‘má’. Nada dua ini masih bisa dan sanggup untuk dibayangkan bukan tentang cara pelafalannya. Dalam hari-hari biasa kita pasti sering menggunakan nada dua ini untuk bertanya atau menggertak.

  1. Nada Tiga

Selanjutnya mengenai cara belajar bahasa mandarin untuk pemula untuk masalah nada ketiga atau biasa disebut dengan nada ang melengkung dari atas, bawah, hingga naik keatas lagi bisa dibilang sebagai nada yang cukup susah.

Ya, jika dibayangkan, nada ketiga ini bergerak dari tengah ke bawah lalu kembali ke atas lagi. Ketika dua suku kata dalam bahasa mandarin di nada ketiga ini berdekatan satu sama lain, maka yang pertama tetap saja menggunakan nada ketiga, sedangkan yang terakhir menjadi nada keempat. Untuk nada keempat akan kita pelajari setelah ini. Jika bicara masalah simbol, nada ketiga ini ditunjukkan dengan simbol ‘mǎ’

  1. Nada Keempat

Nada keempat dalam bahasa mandarin selanjutnya atau biasa disebut dengan nada menurun ini jika dilafalkan seolah nadanya terdengar turun dari tinggi ke rendah, seperti halnya ketika kita berkata sebuah perintah seperti ‘TURUN!’, ‘BERHENTI’, ‘SELESAI’ atau jika kita sedang membaca buku atau menonton film yang kurang menarik dan cenderung mengesalkan, kita akan berkata dengan nada menggerutu ‘HUH’

Untuk masalah simbol, nada keempat ini ditunjukkan dengan simbol ‘mà’. Mungkin nada keempat ini hampir mirip dengan nada ketiga, yang mana mudah untuk dibayangkan karena kita pasti sering menggunakan nada ini dalam keseharian biasa. Semua hanya butuh jam terbang untuk merealisasikannya.

Nah, bagaimana? nada-nadanya cukup mudah untuk dipelajari bukan? Jika masih merasa susah atau sulit untuk dilakukkan, jangan takut ataupun menyerah. Kami disini merekomendasikan untuk kamu dapat mendengarkan nada-nada ini dari penutur kata asli dari mandarin langsung, karena sekali lagi, ini akan susah apabila hanya dipelajari hanya denganmembaca teks tulisannya saja.

3. Latih Pendengaran tentang Bahasa Mandarin

Cara belajar bahasa mandarin untuk pemula selanjutnya adalah dengan melatih pendengaran bahasa mandarinmu sekarang juga. Ya, untuk pemula, tentu hal ini sangat baik untuk dilakukan agar telinga semakin peka akan pelafalan nada dalam bahasa mandarin.

Bukankah beda nada dalam bahasa mandarin akan beda arti? Tentu hal ini harus dipelajari sebaik mungkin kan?

Nah, untuk melatih pendengaran dalam bahasa mandarin, tentu sangat bisa dilakukan dengan memperbanyak koleksi lagu-lagu mandarin, podcast ataupun juga film-film mandarin. Semua terserah, entah dari Taiwan atau Tiongkok. Yang jelas, semua bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa mandarinmu.

Kenapa harus seperti itu?

Ya karena untuk pemula yang baru akan belajar bahasa mandarin, tentu akan sangat bijak dan sangat tepat apabila kita membiasakan telinga kita untuk mendengar bunyi-bunyi nada dalam bahasa mandarin. Nah, semakin telinga kita terbiasa akan bahwasa mandarin, tentu semakin mudah pula nantinya kita dalam melafalkan bahasa mandarin dalam keseharian.

Bukankah itu sempurna untuk dipelajari oleh pemula?

4. Melatih Penulisan Bahasa Mandarin

Setelah mempelajari tentang bagaimana kita mendengar bahasa mandarin, maka selanjutnya yang harus kita lakukan adalah dengan melatih kepenulisan kita dalam bahasa mandarin.

Latihan menulis huruf mandarin ini dapat dilakukan setiap hari, lalu tidak lupa untuk dihafalkan arti dan juga bagaimana penggunaannya dalam setiap kalimat dalam bahasa mandarin.

Jika dihitung dengan matematika, apabila dalam satu hari ini kita bisa setidaknya konsisten dalam mempelajar dan juga menguasai 5 – 10 kata dalam bahasa mandarin, maka dalam satu bulan kita akan dengan mudah mampu menguasai sekitar 150 – 300 kata dalam bahasa mandarin.

Kemudian setelah itu, apabila dalam jangka waktu 3 bulan terus dilakukan dan dilatih secara konsisten, maka kita akan dapat menguasai 450 hingga 900 kata bahasa mandarin. Nah, bukankah itu cara yang sederhana? Hanya menguasai 5 hingga 10 kata saja dalam bahasa mandarin setiap harinya, lambat laun kita akan dapat menguasai bahasa mandarin dengan baik.

Luar biasa.

Nah PR utama yang harus dilakukan adalah… Dapatkah kamu sebagai pemula konsisten dalam mempelajari bahasa mandari ini?

5. Gunakan Bahasa Mandarin dalam Kehidupan Sehari-hari

Selanjutnya, untuk cara belajar bahasa mandarin untuk pemula yang dapat dilakukan setelah rentetan banyak cara yang telah dijabarkan di atas, maka salah satu cara penting untuk dilakukan adalah dengan menggunakan bahasa mandarin dalam kehidupan sehari-hari.

Baiklah, mungkin ini cukup terdengar aneh atau bagaimana ya. Kita hidup di Indonesia, tapi masa diminta untuk mengucapkan kalimat dengan menggunakan dalam bahasa mandarin. Iya, memang aneh. Tapi, sebagaimana halnya belajar, setiap kali pembelajaran kan butuh praktek ya? Jadi, ya ini dia prakteknya.

Sesungguhnya, cara yang paling efektif dalam menguasai bahasa Mandarin untuk pemula itu tentu adalah dengan banyak-banyak mendengar bahasa Mandarin dan juga mempraktekkan apa yang telah kita pelajari.

Ya, pada dasarnya, dengan menggunakan bahasa mandarin dalam kehidupan sehari-hari, maka itu berarti kita melatih otot-otot kita agar terbiasa dalam memproduksi setiap kata-kata dalam bahasa mandarin tersebut, karena bagaimana mungkin kita bisa mengucapkan kalimat berbahasa mandarin kalau kita sama sekali tidak pernah mengucapkannya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Artikel Terkait

Program Kami

Keunggulan Kami

111

Program

Kami menyiapkan program kursus sesuai dengan kebutuhan kamu

222

Waktu

Waktu kursus yang fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kesibukan kamu

333

Pengajar

Pengajar kami sangat ramah & kreatif, membuat suasana belajar jadi menyenangkan

444

Harga

Harga kami sangat terjangkau berbagai kalangan, telpon kami dan dapatkan harga terbaik!