Cara Alekawa Language and Culture Center Peringati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

 

Pada tanggal 26 Oktober 2019, Alekawa Language and Culture Center menyelenggarakan acara peringatan Bulan Bahasa Indonesia. Mengapa di bulan Oktober? Karena tepatnya tanggal 28 Oktober, yang juga diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, adalah hari dimana Bahasa Indonesia dilahirkan sebagai bahasa persatuan.

Tim Alekawa bekerja secara kolektif untuk mewujudkan acara ini. Acara yang dipandu oleh Sarah Tamimi ini, dimulai pada pukul 09.00-16.00 WITA dan dibuka dengan tari Pa’duppa dari siswa kelas anak-anak BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Bahasa Inggris Alekawa.

Tari Pa’duppa 
oleh siswa anak-anak Program Bahasa Inggris dan 
Bahasa Indonesia Alekawa

Kegiatan utamanya terdiri dari 3 rangkaian kegiatan yaitu Seminar BIPA dengan tema Masa Depan Bahasa Indoensia di Era Industri 4.0, Bincang-bincang yang bertema Bahasa Indonesia di Zaman Milenial: Sebuah Perspektif Kesastraan dan tes TOEFL Prediction akbar. Seminar BIPA di pimpin oleh Nur Rahmat Hidayat, S.Pd., M.Pd., yang merupakan salah satu pengajar BIPA senior di Alekawa. Di seminar ini Alekawa mengundang lima pembicara, yaitu Wildhan Burhanuddin, S.Pd., M.Hum, beliau adalah seorang pengajar Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Indonesia untuk Thailand (2016) dan Timor Leste (2018); Dian Fera Pratiwi, S.Pd., M.Pd., yang juga pengajar PPSDK Indonesia untuk Australia (2018) dan Inggris (2019) juga seorang pengajar BIPA senior di Alekawa; Zainab, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan; Husnul Luthfiah, S.Pd., M.Pd., yang merupakan pengajar terbaik Alekawa 2018; dan Jenna Olson, sorang pemelajar Bahasa Indonesia yang berasal dari Minnesota, Amerika Serikat. Sayangnya, dikesempatan tersebut, Kepala Bahasa berhalangan untuk hadir.

 Seminar BIPA

Bincang-Bincang kepenulisan dipandu oleh Nurul Inayah, S.Pd., M,Pd., beliau ada seorang seorang penulis naskah dan sutradara teater. Di bincang-bincang, Alekawa menghadirkan Aan Mansur yang merupakan penulis, pendiri kata kerja, dan kurator MIWF; Shinat Febriany Sjahrir, seorang penulis, sutradara, dan kurator MIWF; dan Nurjanna Azzahra, penulis, editor penerbit Sofia, dan anggota FLP.  Terakhir, tes TOEFL Akbar diikuti oleh kurang lebih 70 peserta yang merupakan siswa SMA, mahasiswa, dan guru SMA.

Bincang- Bincang

Acara ini dihadiri oleh ketua prodi pendidikan Bahasa Indonesia UNM, Ketua Yayasan Meufa Cerdas Indonesia, dan direktur Alekawa, juga siswa SMA, mahasiswa, dan Guru SMA di Makassar. Hadir juga, dosen STAI Pare-Pare dan IAIN Palopo.

Pembukaan acara

Tes TOEFL Prediction

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Artikel Terkait

Program Kami

Keunggulan Kami

111

Program

Kami menyiapkan program kursus sesuai dengan kebutuhan kamu

222

Waktu

Waktu kursus yang fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kesibukan kamu

333

Pengajar

Pengajar kami sangat ramah & kreatif, membuat suasana belajar jadi menyenangkan

444

Harga

Harga kami sangat terjangkau berbagai kalangan, telpon kami dan dapatkan harga terbaik!